Cara Mudah Menulis Artikel yang Inspiratif

menginspirasi pembacaCara mudah menulis artikel supaya inspiratif itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Membuat artikel yang inspiratif adalah salah satu kegiatan yang perlu kita lakukan ketika kita mau menginspirasi orang-orang. Ketika kita mampu menulis sebuah artikel yang inspiratif, lalu orang-orang terinspirasi membacanya maka orang-orang akan menyukai tulisan/karya kita.

Kemampuan menginspirasi orang lain melalui tulisan adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki bila kita ingin menjadi seorang penulis hebat. Lantas, bagaimana metode yang dapat kita pakai guna menghasilkan tulisan-tulisan yang inspiratif?

Temukan jawabannya pada artikel kali ini.

Secara umum orang akan menjadi terinspirasi ketika mereka menemukan kisah/cerita yang :

  • sukses, misalkan cerita keberhasilan kita melakukan sesuatu yang besar menurut pembaca.
  • mengaruhkan, misalkan cerita yang sedih namun punya nilai moral yang sangat besar.
  • membangkitakan gairah/passion dari pembaca.

Ini dia penjelasan tentang cara-cara menulis artikel yang inspiratif.

1. Bagikan Cerita Sukses di Dalam Artikel Anda

Seperti yang saya sebutkan pada poin pertama tadi bahwa orang akan terinspirasi ketika mereka membaca/menemukan kisah/cerita yang merupakan sebuah cerita sukses.

Nah guna menginspirasi pembaca tulisan Anda, Anda bisa menyelipkan cerita sukses. Baik itu cerita sukses yang berasal dari pengalaman pribadi Anda ataupun cerita sukses yang berasal dari pengalaman orang lain.

Misalkan Anda menulis artikel tentang motivasi bisnis, maka Anda bisa tambahkan cerita kisah sukses Bill Gates dalam mendirikan Microsoft. Kalau Anda menulis artikel tentang membangun perusahaan startup maka Anda bisa bercerita tentang kisah sukses Mark Zuckerberg mendirikan Facebook.

Mark Zuckerberg contoh figur yang punya kisah sukses

Mark Zuckerberg contoh figur yang punya kisah sukses

Sering-seringlah membagikan cerita sukses di dalam tulisan-tulisan Anda maka kelak banyak pembaca akan terinspirasi.

2. Sentuhlah Sisi Emosi Pembaca

Ketika pembaca sudah bisa kita sentuh sisi emosinya maka mereka akan lebih hanyut dalam tulisan yang kita buat. Itulah sebabnya ketika kita membaca karya-karya penulis seperti Andrea Hirata, Dewi Lestari, kita menjadi ikut hanyut dalam cerita/tulisan mereka. 2 nama penulis yang tadi saya sebutkan adalah contoh penulis yang berhasil menyeret pembaca ikut arus dalam cerita yang mereka tulis.

Bagaimana cara menyentuh emosi pembaca? Ada beberapa cara, misalnya sebagai berikut.

  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Banyak pembaca buku-buku saya menjadi terinspirasi dengan tulisan buku saya karena mereka dengan cepat menangkap maksud buku saya, lalu mereka menghubungkan isi buku tersebut dengan diri mereka. Intinya kalau misalkan tulisan kita mudah dipahami maka pembaca akan lebih gampang memahami, mereka akan berucap “Ohh gini toh maksudnya penulis..” Nah kalau “oh gini toh maksudnya penulis..” itu sudah muncul maka pembaca akan mudah larut dalam tulisan kita.
  • Menulislah dengan semangat. Semangat itu menular. Maka dari itu jika Anda ingin menginspirasi pembaca, pastikan Anda mampu menulis dengan semangat dan bergembira. Yakinlah perasaan semangat tersebut akan menular kepada orang-orang yang membaca tulisan Anda. Saya pun selalu bersemangat ketika menulis kepada pembaca.
  • Motivasi pembaca Anda. Ketika menulis biasakan untuk menyisipkan pesan moral/motivasi kepada pembaca tulisan Anda. Hadirnya pesan moral akan membuat pembaca bisa terinspirasi, nah kalau mereka sudah terinspirasi maka mereka akan semangat dan tentu saja sisi emosi mereka akan tersentuh.

3. Tambahkan Kutipan-Kutipan Inspiratif di Artikel Anda

contoh qoutes

Ada banyak quotes yang tersedia di sekitar kita.

Nah dalam tulisan yang Anda buat, Anda bisa menambahkan kutipan-kutipan / quotes yang berasal dari perkataan tokoh-tokoh dunia.

Setelah Anda menampilkan quotes inspiratif di artikel Anda, fokuskan isi tulisan/artikel Anda ke quotes tersebut. Buatlah pembaca terinspirasi dan menemukan pencerahan setelah membaca tulisan dan quotes yang Anda berikan.

Adanya quotes di artikel Anda juga akan menjadi daya tarik tersendiri.

Itulah 3 cara sederhana yang dapat kita gunakan dalam menulis supaya bisa menginspirasi pembaca. Semoga bermanfaat dan selamat bereksplorasi.

Be Sociable, Share!